February 27, 2024

Polres Cimahi bakal menerjunkan Tim Satgas Penegakan Hukum (Satgas Gakkum) selama masa libur Lebaran 2023. Nantinya, tim tersebut akan patroli berkeliling wilayah Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat terutama pada jam-jam rawan sebagai upaya mencegah aksi kriminalitas yang berpotensi meningkat. Demikian diungkapkan Kapolres Cimahi AKBP Aldi Subartono, Senin, 17 April 2023.

“Menjelang Hari Idul Fitri ini kita siapkan Satgas Gakkum, termasuk fungsi Reskrim. Artinya kita tidak fokus di jalan saja mengawal arus mudik tapi juga menjaga keamanan lingkungan dan masyarakat,” ujarnya. Tim tersebut nantinya akan berpatroli berkeliling atau mobile.

“Mulai dari titik rawan di ruas jalan hingga permukiman untuk kegiatan patroli mobile. Apalagi nanti banyak warga yang mudik dan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong perlu kita antisipasi peningkatan keamanan yang tentunya butuh partisipasi masyarakat juga,” ujarnya. Masyarakat diminta melapor ke pengurus RT/RW dan keamanan setempat jika hendak mudik Lebaran ke kampung halaman. Peningkatan kewaspadaan diperlukan mengantisipasi gangguan keamanan dan meningkatnya kejahatan jelang Lebaran.

“Bagi warga Cimahi dan KBB yang hendak mudik agar lapor RT/RW dan beri tahu tetangga juga. Sehingga nanti bisa dibantu untuk diawasi karena kondisi rumah dalam keadaan kosong ditinggal mudik,” katanya. Pihaknya masih membahas penitipan kendaraan warga yang mudik untuk difasilitasi di polsek terdekat. Pasalnya, semua personel Polres Cimahi dilibatkan dalam pengamanan jalur mudik Lebaran.

“Kami masih bahas soal kemungkinan penitipan kendaraan warga selagi mudik. Personel Polres Cimahi termasuk di jajaran Polsek sebanyak 1.053 orang semuanya bertugas di jalur mudik. Minimal, lapor ke RT/RW, dan tetangga agar ada yang mengetahui kalau sedang mudik. Mari kita sama-sama menjaga lingkungan masing-masing dari potensi ancaman gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat di masa libur Lebaran 2023,” katanya.

 

Polres Kuningan, Kuningan, Kapolres Kuningan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *