February 23, 2024

Polres Kuningan Polda Jabar – Pada hari Kamis, tanggal 4 Mei 2023, kegiatan yang bertujuan untuk memberikan himbauan dalam rangka antisipasi terjadinya C3 (Curas, Curat, dan Curanmor) serta sosialisasi tentang bahaya makanan mengandung zat berbahaya seperti Chikibul, telah dilaksanakan di Desa Sindangagung. Kegiatan ini dipimpin oleh Ipda Sopar, yang didampingi oleh Briptu Ismail dari kepolisian setempat.

Dalam kegiatan tersebut, pihak kepolisian memberikan himbauan kepada warga setempat mengenai pentingnya meningkatkan kewaspadaan terhadap tindak kejahatan C3. Himbauan ini meliputi langkah-langkah preventif yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk mengurangi risiko terjadinya tindak kejahatan, seperti mengunci rumah dengan baik, tidak meninggalkan barang berharga di tempat yang terlihat, dan menjaga kerapian lingkungan sekitar.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut, pihak kepolisian juga memberikan sosialisasi mengenai bahaya makanan yang mengandung zat berbahaya, terutama Chikibul. Sosialisasi ini didasarkan pada Surat Edaran Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang mengingatkan masyarakat akan potensi bahaya kesehatan yang dihadirkan oleh makanan yang mengandung zat berbahaya. Ipda Sopar dan Briptu Ismail menjelaskan tentang risiko kesehatan yang dapat ditimbulkan oleh zat berbahaya dalam makanan dan bagaimana cara mengenali produk yang aman untuk dikonsumsi.

Selain itu, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan himbauan terkait dengan penyebaran berita hoax. Pihak kepolisian memberikan penjelasan kepada warga mengenai bahaya berita palsu dan dampak negatif yang dapat ditimbulkan. Warga diminta untuk memverifikasi kebenaran informasi sebelum membagikannya, serta tidak mempercayai secara langsung berita yang tidak jelas sumbernya.

Hasil dari kegiatan ini adalah pemahaman warga terhadap himbauan yang disampaikan oleh pihak kepolisian. Warga Desa Sindangagung menerima informasi dengan baik dan berkomitmen untuk menjaga keamanan lingkungan serta kesehatan mereka sendiri dengan lebih baik. Kapolres Kuningan AKBP  Willy Andrian S.I.K., S.H. melalui IPTU Deden, Kapolsek Garawangi, berharap bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat terhadap tindak kejahatan serta menjaga kesehatan melalui konsumsi makanan yang aman.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan Desa Sindangagung dapat menjadi lingkungan yang lebih aman, sehat, dan terhindar dari berita-berita palsu yang dapat menyebabkan kepanikan di masyarakat.

Polres Kuningan, Kuningan, Kapolres Kuningan, Polda Jabar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *