February 27, 2024

Polres Kuningan Polda Jabar – Kapolres Kuningan AKBP Willy Andrian, S.H., S.I.K., melalui Kapolsek Ciawigebang AKP Ayi Sujana, S.E., mengatakan pada hari Kamis tanggal 04 Mei 2023 Sekira jam 08.00 Wib s/d selesai telah dilaksanakan kegiatan Lokakarya Desa dalam Program Bina Desaku (Desa Sahabat Kusta) wilayah kerja UPTD Puskesmas Ciawigebang Kabupaten Kuningan dengan tema “hingga kita bebas dari Kusta” yang bertempat di aula Desa Pangkalan Kec. Ciawigebang Kab. Kuningan.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut Kadis Kesehatan dr. Hj. Susi Lusiyanti, MM., Camat Ciawigebang diwakili oleh Sekmat Ciawigebang Bapak Jana, Kepala UPTD Puskesmas Ciawigebang Ibu Nurohmah, SKM, MM., Kapolsek Ciawigebang yang diwakili oleh Kasi Humas Aipda Aan Iryana, Danramil Ciawigebang yang diwakili oleh Sertu Budi Supriadi, PJ Kepala Desa Pangkalan Bapak Iwan Kurniawan, S.E., Perangkat Desa Pangkalan, Ketua BPD Desa Pangkalan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Ibu-ibu PKK dan Kader Desa Pangkalan.

 

Dengan susunan acara kegiatan tersebut Pembukaan, Sambutan yang diisi oleh Kadis Kesehatan, Camat Ciawigebang diwakili oleh Sekmat, Kepala UPTD Puskesmas Ciawigebang dan PJ Kepala Desa Pangkalan, dilanjutkan dengan menulis testimoni tentang penyakit Kusta dari peserta yang hadir dan paparan Program Bina Desaku (Desa Sahabat Kusta) oleh Tim Kesehatan, penutup/doa.

 

Kapolsek menambahkan bahwa Kegiatan Lokakarya Desa dalam Program Bina Desaku (Desa Sahabat Kusta) wilayah kerja UPTD Puskesmas Ciawigebang Kabupaten Kuningan dalam rangka memberikan edukasi tentang penyakit Kusta, cara pencegahannya dan cara pengobatan atau penyembuhannya.

 

Sedangkan pengertian penyakit Kusta sendiri adalah penyakit infeksi kronis namun dapat disembuhkan, terutama menyebabkan lesi kulit dan kerusakan saraf, Kusta disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium leprae. Kondisi ini terutama memengaruhi kulit, mata, hidung dan saraf perifer.” Jelasnya

 

Program ini bertujuan untuk menghilangkan pandangan masyarakat tentang penyakit Kusta adalah penyakit kutukan atau penyakit mengerikan, supaya masyarakat tidak takut terhadap penyandang penyakit Kusta atau tidak menjauhinya.

 

Setelah kegiatan selesai dilanjutkan dengan skrining terhadap warga untuk mencari gejala tanda atau suspek penyakit Kusta.

 

“Kegiatan ini akan terus dilakukan hingga kita bebas dari Kusta,” pungkasnya.

 

Polres Kuningan, Kuningan, Kapolres Kuningan, Polda Jabar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *